
Mempersiapkan UAS Bahasa Jawa Kelas 3 SD Semester 1: Panduan Lengkap dan Contoh Soal
Mempersiapkan UAS Bahasa Jawa Kelas 3 SD Semester 1: Panduan Lengkap dan Contoh Soal
Bahasa Jawa, sebagai salah satu warisan budaya yang tak ternilai, memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan identitas generasi muda di Jawa. Di bangku sekolah dasar, khususnya pada jenjang Kelas 3, pembelajaran Bahasa Jawa bukan sekadar memperkenalkan kosakata, melainkan juga menanamkan nilai-nilai luhur, etika berbahasa (unggah-ungguh), serta pemahaman akan kebudayaan lokal. Ujian Akhir Semester (UAS) adalah salah satu momen krusial untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan selama satu semester.
Artikel ini akan membahas secara mendalam materi-materi kunci Bahasa Jawa Kelas 3 SD Semester 1, jenis-jenis soal yang mungkin muncul, serta menyajikan contoh-contoh soal lengkap dengan pembahasannya. Tujuannya adalah membantu siswa, orang tua, dan guru dalam mempersiapkan diri menghadapi UAS agar hasil yang dicapai optimal.

Pentingnya Belajar Bahasa Jawa di Tingkat SD
Belajar Bahasa Jawa sejak dini memiliki banyak manfaat:
- Pelestarian Budaya: Memastikan bahasa dan budaya Jawa tidak punah.
- Pembentukan Karakter: Mengajarkan sopan santun, unggah-ungguh, dan tata krama dalam berinteraksi.
- Pengembangan Kognitif: Memperkaya kosakata, melatih kemampuan berpikir logis, dan memahami konteks.
- Keterampilan Berkomunikasi: Melatih siswa untuk berkomunikasi secara efektif dalam dua bahasa (bilingual).
Materi Penting Bahasa Jawa Kelas 3 SD Semester 1
Kurikulum Bahasa Jawa untuk Kelas 3 SD Semester 1 umumnya berfokus pada pengenalan dasar yang lebih mendalam dari kelas sebelumnya, dengan penekanan pada penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari dan pemahaman budaya. Beberapa materi kunci yang sering diujikan antara lain:
-
Tembung-tembung (Kosakata):
- Anggota Awak (Anggota Tubuh): Irung (hidung), mripat (mata), kuping (telinga), tangan, sikil (kaki), lsp.
- Jeneng Kewan (Nama Hewan): Kucing, asu (anjing), pitik (ayam), bebek, lsp.
- Jeneng Tanduran (Nama Tumbuhan): Pari (padi), jagung, gedhang (pisang), lsp.
- Piranti Sekolah (Peralatan Sekolah): Buku, potlot (pensil), tas, papan tulis, lsp.
- Jeneng Kulawarga (Nama Keluarga): Bapak, Ibu, Kakang/Mas (kakak laki-laki), Adhi (adik), Simbah (kakek/nenek), Pakdhe/Budhe (paman/bibi dari pihak ayah), Paklik/Bulik (paman/bibi dari pihak ibu), lsp.
- Jeneng Dina, Wulan, lan Taun (Nama Hari, Bulan, dan Tahun): Senin, Selasa, lsp. Januari, Februari, lsp.
- Werna (Warna): Abang (merah), ijo (hijau), biru, kuning, lsp.
-
Ukara Prasaja (Kalimat Sederhana):
- Membuat kalimat sederhana Subjek-Predikat-Objek atau Subjek-Predikat-Keterangan.
- Mengubah kata menjadi kalimat.
- Melengkapi kalimat rumpang.
-
Unggah-ungguh Basa (Etika Berbahasa):
- Pengenalan tingkat tutur: Ngoko Lugu (bahasa kasar/biasa), Ngoko Alus, Krama Madya, dan Krama Alus (bahasa halus). Pada kelas 3, fokusnya biasanya pada membedakan Ngoko dan Krama Alus dalam situasi sederhana (misalnya, berbicara dengan teman vs. berbicara dengan guru/orang tua).
- Penggunaan sapaan yang tepat (Pak, Bu, Mas, Mbak).
-
Critra Cekak utawa Fabel (Cerita Pendek atau Fabel):
- Memahami isi cerita, tokoh, latar, dan amanat/pesan moral.
- Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca atau didengarkan.
-
Geguritan utawa Tembang Dolanan (Puisi Sederhana atau Lagu Dolanan):
- Memahami makna kata-kata dalam geguritan atau tembang.
- Menyebutkan isi atau pesan dari geguritan/tembang.
-
Aksara Jawa (Pengenalan Dasar):
- Pengenalan aksara legena (dasar) Ha, Na, Ca, Ra, Ka, dst. (Biasanya hanya membaca kata-kata sederhana atau melengkapi aksara yang hilang, tidak sampai menulis kalimat panjang). Tergantung kurikulum daerah, kadang aksara Jawa baru intensif di kelas 4. Untuk kelas 3 semester 1, mungkin hanya pengenalan bunyi dan bentuk dasar.
Jenis-Jenis Soal UAS Bahasa Jawa
Soal UAS Bahasa Jawa umumnya terdiri dari tiga bagian utama:
- Pilihan Ganda (PG): Siswa memilih satu jawaban yang paling tepat dari beberapa pilihan yang tersedia (A, B, C, D). Bagian ini menguji pemahaman kosakata, tata bahasa sederhana, dan pemahaman teks pendek.
- Isian Singkat: Siswa mengisi bagian yang kosong pada kalimat atau menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat dan tepat. Bagian ini menguji kemampuan mengingat dan menerapkan kosakata serta struktur kalimat.
- Uraian: Siswa menjawab pertanyaan dengan penjelasan atau menuliskan kalimat/paragraf pendek. Bagian ini menguji pemahaman mendalam, kemampuan analisis, dan keterampilan menulis dalam Bahasa Jawa.
CONTOH SOAL UAS BAHASA JAWA SD KELAS 3 SEMESTER 1
WULANGAN (PELAJARAN) 1: Pilihan Ganda
Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi milih salah siji wangsulan sing paling bener!
(Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang paling benar!)
-
Piranti kanggo nulis ing buku yaiku ….
a. penggaris
b. potlot
c. penghapus
d. papan tulis
Jawaban: b. potlot (pensil) -
Aku duwe ____ loro. Kanggo ndeleng.
a. irung
b. kuping
c. mripat
d. cangkem
Jawaban: c. mripat (mata) -
"Sugeng enjing, Bu Guru." Ukara iki diucapake nalika ….
a. awan
b. esuk
c. sore
d. wengi
Jawaban: b. esuk (pagi) -
Ing omah, Ibu lagi masak ing ….
a. kamar turu
b. jedhing
c. pawon
d. ruang tamu
Jawaban: c. pawon (dapur) -
Kewan sing sikile papat, seneng mangan balung yaiku ….
a. kucing
b. pitik
c. asu
d. bebek
Jawaban: c. asu (anjing) -
Tembung krama aluse "mangan" yaiku ….
a. dhahar
b. nedha
c. dahar
d. maem
Jawaban: a. dhahar (untuk orang yang dihormati), atau b. nedha (untuk diri sendiri)
Catatan: Dalam konteks kelas 3, seringkali "dhahar" diajarkan sebagai krama alus untuk "mangan". -
Adhikku seneng ____ balon werna-werni.
a. numpak
b. ndeleng
c. tuku
d. nyakot
Jawaban: c. tuku (membeli) -
Werna godhong iku ____.
a. abang
b. kuning
c. ijo
d. biru
Jawaban: c. ijo (hijau) -
Bapak lan Ibu iku ____.
a. adhi
b. kakang
c. wong tuwa
d. simbah
Jawaban: c. wong tuwa (orang tua) -
Dina sawise Rebo yaiku dina ____.
a. Senen
b. Selasa
c. Kemis
d. Jumat
Jawaban: c. Kemis (Kamis) -
"Dhahar" iku basa kramane tembung ….
a. ngombe
b. turu
c. mangan
d. mlaku
Jawaban: c. mangan -
Tembung sing pas kanggo ngisi titik-titik ing ukara "Bapak ____ koran ing teras" yaiku ….
a. ngombe
b. maca
c. nulis
d. turu
Jawaban: b. maca (membaca) -
Yen arep nyuwun tulung karo wong tuwa, kudune nganggo basa ….
a. ngoko lugu
b. ngoko alus
c. krama alus
d. kasar
Jawaban: c. krama alus -
"Simbar, simbar…" Tembang dolanan iki nyritakake babagan ….
a. dolanan
b. kewan
c. tetanduran
d. sekolah
Jawaban: c. tetanduran (tumbuhan, seperti simbar menjangan) -
Aksara Jawa "ꌲ" diwaca ….
a. na
b. ca
c. ha
d. ra
Jawaban: c. ha
WULANGAN 2: Isian Singkat
Isenana titik-titik ing ngisor iki kanthi wangsulan sing bener!
(Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!)
-
Piranti kanggo ngrungokake swara yaiku ____.
Wangsulan: kuping -
Kewan sing swarane "kukuruyuk" ing wayah esuk yaiku ____.
Wangsulan: pitik jago -
Yen arep turu, biasane ngucapake "Sugeng ____".
Wangsulan: dalu -
Pakdhe iku sedulure Bapak sing ____.
Wangsulan: tuwa (kakak) -
Bapak tindak kantor numpak ____.
Wangsulan: sepedha motor / mobil (tergantung konteks umum) -
Tanduran sing wite dhuwur, wohe legi, lan warnane kuning yaiku ____.
Wangsulan: gedhang -
Tembung ngoko lugune "sirah" yaiku ____.
Wangsulan: endhas (jika untuk binatang), atau kepala (jika untuk manusia namun dalam konteks ngoko lugu, namun lebih tepat untuk binatang atau kasar)
Catatan: Untuk kelas 3, lebih tepatnya "sirah" sudah ngoko, kramanya "mustaka". Pertanyaan ini mungkin ingin menguji sinonim kasar.
WULANGAN 3: Uraian
Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi cetha lan bener!
(Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!)
-
Critakna pengalamanmu dolanan karo kanca-kancamu ing omah! (minimal 3 ukara)
(Ceritakan pengalamanmu bermain dengan teman-temanmu di rumah! (minimal 3 kalimat))
Contoh Jawaban:
Dina Minggu wingi, aku dolanan karo kanca-kancaku. Aku dolanan ing latar omah. Kanca-kancaku padha seneng banget. Aku dolanan gobag sodor lan egrang.
(Minggu lalu, aku bermain dengan teman-temanku. Aku bermain di halaman rumah. Teman-temanku semua sangat senang. Aku bermain gobak sodor dan egrang.) -
Apa gunane mripat lan sikil? Terangna!
(Apa gunanya mata dan kaki? Jelaskan!)
Contoh Jawaban:
Mripat gunane kanggo ndeleng. Sikil gunane kanggo mlaku lan mlayu.
(Mata gunanya untuk melihat. Kaki gunanya untuk berjalan dan berlari.) -
Gawea ukara nganggo tembung-tembung ing ngisor iki!
a. Sinau
b. Nulis
Contoh Jawaban:
a. Aku sinau basa Jawa ing sekolahan.
b. Adhikku nulis jenenge ing buku. -
Wacanen crita cekak ing ngisor iki, banjur wangsulana pitakonane!
Si Kancil karo Pak Tani
Ing sawijining dina, Si Kancil mlaku-mlaku ing sawah. Dheweke weruh timun Pak Tani wis padha mateng. Kancil banjur kepengin njupuk timun kuwi. Nanging, Pak Tani wis masang jebakan. Kancil ora ngerti, banjur mlebu jebakan. Pak Tani teka lan nggawa Kancil mulih.
Pitakonan:
a. Sapa wae tokoh ing crita kasebut?
b. Apa sing dikarepake Kancil ing sawah?
c. Kepiye nasibe Kancil ing pungkasan crita?
Contoh Jawaban:
a. Tokohe yaiku Si Kancil lan Pak Tani.
b. Kancil kepengin njupuk timun Pak Tani.
c. Kancil kejebak lan digawa mulih dening Pak Tani. -
Owahanen ukara ngisor iki dadi basa Krama Alus!
"Aku arep mangan sega goreng."
Contoh Jawaban:
"Kula badhe nedha sekul goreng."
Tips dan Strategi Belajar Efektif untuk UAS Bahasa Jawa
Untuk membantu siswa meraih hasil terbaik dalam UAS Bahasa Jawa, berikut adalah beberapa tips dan strategi yang bisa diterapkan:
-
Pahami Materi Dasar: Pastikan siswa benar-benar menguasai kosakata dasar, penggunaan kalimat sederhana, dan pengenalan unggah-ungguh basa. Gunakan buku paket atau catatan yang diberikan guru sebagai panduan utama.
-
Latihan Rutin: Biasakan siswa mengerjakan soal-soal latihan secara rutin. Ini akan membantu mereka terbiasa dengan berbagai jenis pertanyaan dan melatih kecepatan dalam menjawab.
-
Membaca dan Mendengarkan Cerita Bahasa Jawa: Ajak siswa membaca cerita-cerita pendek atau fabel dalam Bahasa Jawa. Bisa juga mendengarkan tembang dolanan atau percakapan sederhana. Hal ini akan memperkaya kosakata dan melatih pemahaman kontekstual.
-
Praktik Berbicara (Unggah-ungguh): Dorong siswa untuk mencoba menggunakan Bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari, terutama dengan orang tua atau anggota keluarga yang lebih tua (menggunakan krama alus) dan dengan teman sebaya (menggunakan ngoko alus/lugu). Praktik langsung akan menguatkan pemahaman unggah-ungguh.
-
Buat Peta Pikiran atau Kartu Kata: Untuk kosakata, siswa bisa membuat kartu kata (flashcards) dengan gambar dan arti dalam Bahasa Jawa serta Bahasa Indonesia. Ini akan mempermudah proses menghafal.
-
Belajar Kelompok: Belajar bersama teman bisa menjadi cara yang menyenangkan. Siswa bisa saling bertanya jawab, menjelaskan materi, atau bahkan membuat kuis sederhana.
-
Jangan Takut Salah: Beri motivasi agar siswa tidak takut membuat kesalahan saat belajar atau berbicara Bahasa Jawa. Kesalahan adalah bagian dari proses belajar.
-
Peran Orang Tua dan Guru:
- Orang Tua: Berikan dukungan dan fasilitas belajar. Ajak berkomunikasi dalam Bahasa Jawa sesekali. Jika memungkinkan, bacakan cerita Bahasa Jawa sebelum tidur.
- Guru: Buat pembelajaran interaktif dan menyenangkan. Berikan umpan balik yang konstruktif dan ciptakan suasana kelas yang nyaman untuk bertanya dan berdiskusi.
Penutup
Mempersiapkan UAS Bahasa Jawa Kelas 3 SD Semester 1 memang membutuhkan usaha dan konsistensi. Namun, dengan pemahaman materi yang baik, latihan yang teratur, dan strategi belajar yang tepat, siswa pasti bisa meraih hasil yang memuaskan. Lebih dari sekadar nilai, tujuan utama adalah menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap Bahasa Jawa sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas budaya kita. Semoga panduan dan contoh soal ini bermanfaat dan sukses selalu untuk para siswa!